Apple rilis iOS 11.3, Dengan Tambahan Fitur Terbarunya

Sejak Jumat (30/3) waktu AS, Apple telah merilis pembaruan perangkat iOS 11.3 terbaru. Dengan ini, iPhone akan mendapat update aplikasi terbaru seperti fitur kesehatan baterai yang telah dijanjikan sebelumnya, animoji baru, versi terbaru Apple ARKit, serta masih banyak lagi.

Jika Anda ingin memperbarui iOS di perangkat Andam buka kunci, pergi ke Settings, General, lalu Software Update. Update baru ini akan mengambil storage sekitar 2,18GB, dan butuh jaringan wifi. Setelah unduhan selesai, Anda butuh secara manual melakukan instalasi berbagai aplikasi baru.

Melansir Phone Arena, banyak pengguna yang menyebut bahwa perangkat mereka jadi berjalan lebih cepat dan lancar dengan iOS terbaru. Hal ini tentu adalah berita baik dan salah satu alasan untuk update.

Berikut beberapa update terbaik dari iOS 11.3.

1. Battery Health Tool

Seperti yang telah dijanjikan ketika Apple tersandung kasus perlambatan beberapa waktu yang lalu, akhirnya iOS 11.3 menghadirkan fitur Battery Health Tool yang mampu menunjukkan status baterai jangka panjang dari iPhone, dan memberi tahu pengguna apakah baterai perlu diganti.

Pengaturan baru ini dapat ditemukan di Pengaturan, lalu Battery. Fitur ini tersedia untuk iPhone 6 ke atas.

Selain itu, pengguna sekarang dapat juga melihat apakah fitur manajemen daya yang sebelumnya adalah biang melambatnya iPhone ini aktif atau tidak. Pengguna pun dapat mematikannya jika mereka mau.

Fitur ini masih dalam versi Beta, dan mungkin akan mendapat update dan peningkatan kemampuan seiring waktu.

2. ARKit 1.5

Sejak rilisnya iOS 11, Apple sudah menerapkan Augmented Reality lewat ARKit yang kini telah terpasang di jutaan iPhone dan iPad. Kini, Apple lebih meningkatkannya lagi dengan memperkenalkan ARKit 1.5 yang memungkinkan aplikasi AR untuk menggunakan permukaan vertikal seperti dinding atau pintu, alih-alih sekedar bidang horisontal seperti meja dan lantai. Bahkan, ARKit 1.5 lebih bisa menyesuaikan ke permukaan tak beraturan seperti meja bundar.

Pandangan dunia nyata yang terlihat dari lensa kamera pun kini memiliki resolusi 50 persen lebih tinggi, dan mendukung fitur fokus otomatis untuk perspektif yang lebih tajam. Selain itu, gambar 2D seperti artwork dan poster kini bisa terintegrasi dalam AR.

3. Animoji baru

Animoji adalah fitur baru yang diperkenalkan di iPhone X berbasis TrueDepth, dan dengan cepat berubah jadi fitur paling keren dan paling banyak digunakan di iPhone X. Kali ini, Apple merilis 4 Animoji baru, yakni singa, beruang, naga, dan tengkorak bicara.

4. Business chat

Di iOS terbaru ini, pengguna dapat mengobrol langsung lewat chat dengan berbagai akun bisni si aplikasi Business Chat ini. Dengan cara ini, jika Anda membutuhkan sesuatu lewat toko, restoran, persewaan, atau apapun yang berbasis bisnis lainnya, Anda tak perlu lagi cari di Google, mengetikkan nomor teleponnya dan meneleponnya. Kini Anda tinggal chat dan langsung mendapat jawaban atas pertanyaan Anda dengan lebih mudah.

Aplikasi ini masih versi Beta dan hanya di AS. Meski demikian, sudah banyak jaringan toko yang mendukung aplikasi ini.

5. Health records

iOS 11.3 juga menambahkan fitur rekam jejak kesehatan Anda, di mana pasien dapat melihat catatan medis mereka lewat lebih dari 40 sistem kesehatan dari rumah sakit terkemuka, langsung di iPhone.

Hasil catatan kesehatan yang bisa dilihat antara lain hasil lab, obat-obatan, kondisi, dan masih banyak yang lainnya. Data rekam kesehatan Anda ini dienkripsi dan dipriteksi dengan password, sehingga tak akan bocor dan aman.

6. Setelan data dan privasi

Pengaturan data dan privasi baru di iOS 11.3 akan memberi pengguna informasi yang lebih baik tentang bagaimana data pribadi mereka digunakan oleh aplikasi-aplikasi resmi Apple atua tangan pertama.

Cara kerjanya, ketika ANda menggunakan layanan Apple yang membutuhkan data pribadi untuk pertama kalinya, Anda akan mendapatkan prompt yang meminta Anda untuk mengizinkan pengiriman data pribadi tertentu, dan tak lupa ikon privasi juga akan muncul (siluet dua tangan berjabat berwarna biru).

Selain itu, Anda juga akan melihat penjelasan rinci soal apa yang sedang dilakukan dengan data pribadi yang Anda perbolehkan untuk akses.

Fitur ini hadir di saat yang tepat, pasca banyak orang yang kini perhatian soal privasi karena skandal kebocoran data Facebook oleh Cambridge Analytica.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *