Google Menyimpan Data Pribadi Dan Deretan Privasimu

Di tengah hingar-bingar soal privasi digital pasca skandal kebocoran data Facebook, kini warganet mulai perhatian dengan apa saja informasi yang mereka bagi di internet. Perhatian semacam ini muncul, karena kesadaran soal tentu tak hanya Facebook yang gemar memanfaatkan data yang kita bagi di berbagai platform berbasis internet.

Benar, karena raksasa teknologi sekaligus situs pencarian nomor satu di dunia, Google, juga melakukan hal tersebut.

Dilansir dari The Guardian, Jumat (30/3/2018), Google ternyata punya beragam informasi seperti lokasi yang pernah Anda kunjungi, termasuk hal-hal yang sudah Anda hapus.

Berikut 10 hal yang Google miliki tentang dirimu, lengkap dengan link agar Anda bisa memeriksa sendiri data-data yang dimiliki Google tentang dirimu.

1. Histori pencarian

Google menyimpan semua histori pencarian di seluruh perangkat Anda. Misalnya, di smartphone Anda memakai email [email protected], lalu juga memakai email itu di komputer kantor, dan laptop, maka seluruh hasil pencarian saat Anda login dengan email itu dapat direkam Google, walau perangkatnya berbeda.

2. Penyesuaian iklan

Google dapat mengecek data-data Anda seperti kisaran umur dan berbagai informasi lainnya, untuk dicocokkan dengan iklan yang pas.

3. Google simpan aplikasi yang Anda pakai

Semua aplikasi yang Anda berikan izin untuk mengakses akun Google dapat disimpan oleh platform itu.

4. Google tahu apa yang pernah Anda tonton di Youtube

Segala judul video YouTube yang Anda tonton dapat disimpan oleh Google. Jadi, akan sangat mudah untuk Google bila ingin mengetahui hal seperti agama, aliran politik, hobi, dan sebagainya, karena cukup menilai dari video-video yang Anda tonton.

5. Google tahu lokasi Anda

Google menyimpan lokasi tempat-tempat yang Anda kunjungi semenjak hari pertama Anda memakai Google di smartphone Anda, jika fitur Histori Lokasi (Location History) dinyalakan.

6. Google tahu hal yang pernah Anda hapus

Informasi-informasi yang Anda hapus di Google Drive ternyata masih bisa Anda akses, dan yang mampu melakukan hal tersebut, tentu Google.

7. Semua acara yang Anda hadiri

Bila Anda seorang profesional yang suka menandai acara-acara lewat kalender, maka Google juga bisa memiliki data itu.

8. Jadwal olahraga

Bila Anda menggunakan Google Fit untuk berolahraga, maka segala kegiatan olahraga seperti bersepeda, berjalan, atau yoga dapat disimpan Google.

9. Foto-foto

Google juga bisa melihat foto-foto yang Anda ambil tiap tahunnya.

10. Segala email Anda

Segala email yang pernah Anda kirim, Anda dapatkan, atau bahkan yang ditandai sebagai spam juga disimpan oleh Google.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *