Ini 5 bahan Kain yang Bisa Digunakan untuk Print Kain

Print kain merupakan sebuah kegiatan yang ada di konveksi yang berhubungan dengan cetakan kain yang bergambar atau bertuliskan desain yang dirancang. Hasil dari cetakan dapat digunakan ke dalam berbagai bentuk pakaian dan sejenisnya. Kualitas dari hasil print juga tergantung dari bahan yang digunakan. Berikut bahan-bahan yang digunakan dalam proses pembuatannya.

1. Bahan Polyester

Bahan kain ini diproduksi dari bahan polyester. Kain ini memiliki ketebalan yang lebih tipis dari bahan kain katun. Harganya memang lebih murah dari bahan lainnya. Namun, bahan ini memiliki tekstur yang lebih kasar dan tidak dapat menyerap keringat sehingga saat dikenakan akan merasa kurang nyaman dan terasa panas.

2. Bahan Katun Combed

Katun combed merupakan bahan yang sering sekali digunakan untuk bahan kain yang di-print sesuai dengan desain yang telah ditentukan. Bahan ini terbuat dari 100% serat kapas alami. Kelebihannya katun ini memiliki tekstur yang halus, dingin, mudah menyerap keringat dan sangat nyaman saat dikenakan.

Serat benang dari bahan ini rata dan halus sehingga saat di-print menghasilkan kualitas yang memuaskan. Bahan ini terdiri dari ketebalan yang berbeda-beda yaitu 20s, 24s dan juga 30s. Barang distro dari hasil print kain bahan katun ini menjadi sangat favorit dengan harga yang terjangkau dan memberikan kenyamanan saat dikenakan.

3. Bahan Cardet

Bahan cardet sering digunakan untuk pakaian olah raga, seragam buruh, dan seragam pabrik. Bahan ini memang tidak sehalus bahan katun. Namun, harganya jauh lebih murah dan menguntungkan untuk dicetak dalam jumlah yang banyak pada sebuah komunitas. Bahan ini tetap memberikan kenyamanan saat dipakai. Hanya saja kurang menyerap keringat.

4. Bahan Teteron Cotton atau TC

Bahan kain ini merupakan kombinasi bahan polyester dan katun dengan komposisi katun 35 persen dan 65 persen dari bahan polyester. Bahan ini didominasi oleh bahan TC sehingga kurang menyerap keringat yang kalau digunakan di ruangan bersuhu panas akan terasa gerah.

Tetapi jika di daerah pegunungan kain ini akan memberikan Anda kehangatan. Kelebihan pada bahan ini yaitu tidak mudah kusut sehingga cocok untuk dibawa hiking. Tidak mudah melar dan itu menunjukkan kain ini memiliki nilai pakai yang lama.

5. Bahan Viscose

Bahan viscose dikenal dengan nama lain kain rayon yang teksturnya mirip dengan kapas. Bahan ini sering digunakan untuk meningkatkan kecerahan warna bahan lainnya. Bahan ini memiliki kelebihan bahan ini tahan pada kelembaban tingkat tinggi dan memiliki warna yang terlihat sangat cemerlang.

Kain ini jika digunakan sebagai bahan print dengan desain yang gelap sangatlah cocok. Apa lagi jika menginginkan kualitas yang tinggi karena kain ini dapat memberikan kesan mewah. Kainnya juga memiliki tekstur yang lebih lembut daripada kapas sehingga produsen akan menetapkan harga yang lebih mahal untuk kain ini.

Kelima bahan kain di atas bisa Anda gunakan untuk cetak kain dengan kelebihan dan perkiraan harga yang telah tergambar. Anda bisa memilih sesuai dengan keperluan dan estimasi pengeluaran yang telah dibuat. Pastikan juga kualitas dan kenyamanan selama pemakaian agar Anda tidak menyesal saat proses cetak telah selesai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *